Pelantikan DPD Lembaga Kesenian Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten OKI







02Kabupatenan, Rabu, 21 Desember 2011 Hj. Tartila Ishak dilantik sebagai Ketua DPD Lembaga Kesenian Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten Ogan Komering Ilir masa bhakti 2011-2016 oleh ketu DPW LASQI Prov. Sumatera Selatan Hj. Eliza Alex. Hadir dalam acara ini Bupati OKI, FKPD Kabupaten OKI, Sekda, Asisten, Staf Ahli, Kepala Dinas/Bagian/Badan/Kantor dijajaran Pemkab. OKI, Camat se kabupaten OKI, Pimpinan Pesantren, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.
Sekda Ogan Komering Ilir, Ir. H. Ruslan Bahri, MT selaku Ketua Panitia Pelaksana melaporkan bahwa dasar pelaksanaan kegiatan ini adalah Surat Undangan Bapak Bupati Ogan Komering Ilir No : 0851/IX/2011 Tanggal 30 November 2011 dan koordinasi dengan Ketua LASQI Kab. OKI periode 2011 – 2016, serta koordinasi dengan Kakan Kemenag Kabupaten Ogan Komering Ilir dan lain-lain untuk pelaksanaan acara yaitu Pelantikan Pengurus Lembaga Kesenian Qasidah Indonesia Kabupaten OKI terdiri dari 28 orang pengurus yang ketuanya adalah Ibu Hj. Tartilah Ishak berdasarkan hasil rapat Formatur yang dilaksanakan beberapa kali tahapan sehingga terbentuknya Kepengurusan LASQI Kab. OKI.Sehubungan dengan hal tersebut diatas kegiatan ini menurut Ruslan disatukan dengan acara antara lain peringatan Hari Bhakti Kemenag, Pemberian Insentif Hafiz-Hafizoh, Pemberian Bantuan Alat Kesenian untuk Kecamatan Lempuing dan Kecamatan Mesuji makmur, serta Undian umroh bagi 3500 Ustadz-Ustadzah Kab. OKI dan Tausyiah olek K.H.A. Taufik Hansuri dari palembang.
Selaras dengan moto Kabupaten Ogan Komering Ilir Beriman dan Berkualitas, Pemerintah01Daerah Kabupaten OKI tambah Ruslan pada Tahun 2011 melaksanakan kegiatan-kegiatan bidang keagamaan antara lain : Pemberian bantuan terhadap Masjid, Musollah, Langgar, melalui syafari Romadhon maupun syafari Jum’atBantuan transport Haji di Makkah, untuk Jamaah haji sekaligus 12 orang tim Pembimbing Haji di Mekkah Kab. OKI sebagai kabupaten yang peduli terhadap jamaah Haji yang sudah menjadi tanggung jawab pusatMemberikan bantuan terhadap Pondok Pesantren setiap tahun untuk biaya operasionalMemberikan bantuan terhadap MUI, PHI dan organisasi lainnya,Memberikan Insentif pada 342 orang P3N masing-masing Rp. 3.000.000,-Memberikan Alat  Kesenian ke 90 Desa/Kelurahan Alat Kesenian rebana dan 2 set Alat Kesenian Gamelan dan pemberian insentif kepada 18 Hafiz-Hafizoh Kabupaten OKI  sebesar Rp. 66.600.000,- yang kegiatannya dilaksanakan pada hari ini.
Hj. Tartila Ishak setelah dilantik mengucapkan terima kasih atas dipercayanya sebagai Ketua Lembaga Kesenian Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten OKI berdasarkan hasil rapat Formatur yang dilaksanakan beberapa kali tahapan sehingga terbentuknya Kepengurusan LASQI Kab. OKI. Lembaga Kesenian Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten OKI ini menurut Tartila adalah wadah untuk meningkatkan pembinaan dan pengembangan kesenian Qasidah di Kabupaten Ogan Komering Ilir yang mana perkembangan seni Qasidah selama ini telah mampu memberikan proses pembelajaran yang sangat efektif baik dalam menumbuhkan daya cipta para seniman maupun dalam meningkatkan apresiasi dan kreativitas seni bagi masyarakat. LASQI Kabupaten OKI yang kepengurusannya baru dilantik hari ini harapnya dapat menjadi pioner dalam mempertahankan dan melestarikan nilai-nilai budaya tradisional yang bernilai religius serta berdampak pada semakin suburnya sikap hidup masyarakat yang penuh cinta kasih, kebersamaan dan etika moral serta dapat menciptakan generasi berprestasi dalam bidang qasidah. Untuk menjalankan visi dan misi mulia ini lanjut Tartila tentunya memerlukan sinergitas segenap pengurus LASQI Kabupaten OKI serta  dukungan dari pemerintah, tokoh masyarakat, tokoh agama, politisi, para civitas akademika dan setiap elemen masyarat lainnya. Tartila berharap LASQI Kabupaten OKI ke depan dapat menjadi garda terdepan dalam membina dan memajukan kesenian Qasidah di Kabupaten OKI.
Hj. Eliza Alex selaku ketua DPW LASQI Prov. Sum-Sel dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Bupati Ogan Komering Ilir dan Pemkab. OKI yang telah memfasilitasi terlaksananya kegiatan ini. LASQI sebagai wadah kesenian qasidah menurut Eliza sudah ada sejak lama namun keberadaannya belum terlalu memasyarakat. Untuk ditingkat Provinsi Sendiri LASQI baru dilantik pada tanggal 14 November 2011 yang lalu dan Kabupaten OKI termasuk Kabupaten yang cepat dalam membentuk dan melantik kepengurusan LASQI ini. Meskipun baru dibentuk, LASQI di Provinsi Sumatera Selatan ini menurut Eliza harus dapat berkembang dengan cepat demi untuk melastarikan kesenian tradisional yang bernafaskan Islam ini. Eliza berharap Pengurus DPD Lasqi Kabupaten OKI yang dilantik pada hari ini dapat besinergi dengan berbagai pihak untuk mengembangkan seni qasidah ini karena Qasidah merupakan bagian dari seni Islam yang sarat dengan dakwah dan tumbuh dari masyarakat.
Sementara03 itu Bupati OKI, Ir. H. Ishak Mekki, MM dalam sambutannya menyambut baik dibentuk dan dilantiknya kepengurusan LASQI Kabupaten OKI ini. Menurutnya Pemkab. OKI memiliki tanggung jawab terhadap pembinaan terhadap lembaga seni Islam termasuk LASQI ini. Qasidah menurut Ishak merupakan kesenian yang berakar dari masyarakat yang harus dibina dan dikembangkan. Kesenian ini menurutnya dapat memberikan dampak positif tidak hanya bagi pencinta seni namun juga bagi generasi muda penerus karena Qasidah menyiarkan siar-siar Islam dalam tiap bait dan lantunan lagu-lagunya. Ishak berharap Kepengurusan LASQI Kabupaten OKI yang baru dilantik ini dapat mengembangkan kesenian Qasidah khususnya yang berada di Kabupaten OKI agar lebih maju dan memasyarakat. Selanjutnya Ishak Mengatakan bahwa Pembangunan bidang Keagamaan memang sudah menjadi prioritas Pemkab. OKI berbagai program telah digulirkan untuk kemajuan bidang ini sebagaimana yang dilaporkan Sekda. Kesemuanya ini tambah Ishak untuk mewujudkan Ogan Komering Ilir Beriman dan Berkualitas.
Dalam kesempatan ini Bupati OKI menyerahkan insentif kepada para hafid-hafidzoh, bantuan alat kesenian serta mengundi empat orang ustad/ustadzah yang akan di umrohkan ke tanah suci Mekah.
Sementara itu K.H. Taufik Hasnuri dalam ceramahnya mengingatkan kepada segenap hadirin untuk tetap melaksanakan perintah-perintah agama. Kesenian dan keindahan menurut Taufiq merupakan hal yang dicintai Allah namun demikian Taufiq mengingatkan agar tidak melanggar atau membuat buruk kesenian itu sendiri dengan pakaian atau perbuatan yang dilarang oleh Allah SWT.
Last Updated on Monday, 26 December 2011 01:05

About the Author


Rajeel is the Web designer and also a blogger at Lab Of Web. He is a 15 yrs old teen guy who lives in Kerala, India, and have great interest in Computers and other Tech Stuff. That's why he loves to call himself as a TeeN GeeK. Follow Rajeel on Twitter for updates, design and web development.

Comments :

0 komentar to “ Pelantikan DPD Lembaga Kesenian Qasidah Indonesia (LASQI) Kabupaten OKI ”

Posting Komentar