Seni Budaya OKI Diperkenalkan Dianjungan Sumsel TMII









KAYUAGUNG-OKI, BeritAnda –Guna memperkenalkan keanekaragaman seni dan budaya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) kepada masyarakat luas, baik di Tanah Air maupun Mancanegara, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) OKI melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, menggelar pagelaran seni dan budaya OKI di Anjungan Sumatera SelatanTaman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (1/10/2011) lalu.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD OKI, FKPD Kabupaten OKI, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, pimpinan El-John (Jhoni Sugiarto), Ketua Dewan Kesenian OKI, Sekda, Asisten, kepala dinas/instansi, badan/bagian di jajaran Pemkab OKI, serta masyarakat perantauan asal Kabupaten OKI (Kemas Agung).
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata OKI, Hj Nurmalia Hamid SH, mengatakan, kegiatan tersebut diselenggarakan atas kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKI, dengan Dewan Kesenian Daerah Kabupaten OKI.
Kabupaten OKI, kata dia, adalah kabupaten yang kaya akan seni dan budaya, sehingga keragaman kesenian, adat istiadat, sastra tutur dan adat budaya ini dikemas dalam pagelaran itu, agar nantinya dapat dipromosikan ke tingkat provinsi, nasional dan Mancanegara.
Dia mengharapkan kepada semua pihak baik masyarakat OKI sendiri, maupun masyarakat OKI yang ada di perantauan untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan seni dan budaya daerah OKI, agar aset budaya ini tetap dikenal oleh anak cucu dan tidak tergusur oleh perkembangan zaman.
“Pada  pagelaran tersebut, kami menyuguhkan lagu-lagu daerah, tari daerah dan Incang-Incang yang mungkin kita semua hampir melupakannya,” jelasnya.
Sementara itu, Bupati OKI yang diwakili oleh Sekda OKI, Ir H Ruslan Bahri MT mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wujud pelestarian potensi budaya lokal dan sebagai wahana silaturrahmi dan ramah-tamah bagi warga Kabupaten OKI yang tinggal di luar Sumsel.
“Kita patut berbangga, sebab pada 24 September 2011 lalu, Kabupaten OKI menerima penghargaan Travel Club Tourism Award, sebuah penghargaan yang bergengsi di bidang pariwisata. Prestasi ini sangat membanggakan karena kita berhasil menyisihkan 94 kabupaten se-Indonesia dan masuk nominator ke empat setelah Malang, Sleman dan Raja Ampat,” ujarnya.
Sedangkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Sumsel, Toni Panggar Besi, menuturkan, kabupaten/kota dan daerah hendaknya dapat benar-benar mengoptimalkan penggunaan Anjungan Sumatera Selatan yang ada di TMII Jakarta, karena merupakan media promosi wisata daerah baik kuliner, budaya dan lain sebagainya.
“Pagelaran seni budaya seperti yang dilaksanakan Kabupaten OKI ini harus lebih sering lagi dilaksanakan, sebagai upaya promosi wisata daerah,” pungkasnya. (IR

About the Author


Rajeel is the Web designer and also a blogger at Lab Of Web. He is a 15 yrs old teen guy who lives in Kerala, India, and have great interest in Computers and other Tech Stuff. That's why he loves to call himself as a TeeN GeeK. Follow Rajeel on Twitter for updates, design and web development.

Comments :

0 komentar to “ Seni Budaya OKI Diperkenalkan Dianjungan Sumsel TMII ”

Posting Komentar