Danau Teluk Gelam sebagai Wisata Unggulan Kabupaten OKI






Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten OKI mencatat, daerahnya memiliki sebanyak 12 wisata alam. Setiap wisata alam tersebut menyimpan kekhasan dan daya tarik tersendiri yang potensial sebagai sumber pendapatan asli daerah.

Kepala Dinas (Kadis) Kebudayaan dan Pariwisata Kab OKI HM Daud HK melalui Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pariwisata Kamil mengaku, hingga sekarang, pihaknya masih tetap mengunggulkan Wisata Danau Teluk Gelam sebagai objek yang banyak diminati masyarakat.

”Di setiap kabupaten pasti ada salah satu tempat wisata yang diunggulkan. Khusus di Kab OKI, wisata unggulan kita yaitu Teluk Gelam,” katanya di Kayuagung, Minggu (27/1) kemarin.

Dia mengaku, hingga saat ini, masih menginventarisasi wisata yang ada di Kab OKI. Kemungkinan objek wisata di Kab OKI akan terus bertambah. Namun, dirinya belum bisa merincikan di mana lokasi wisata tersebut.

Dia menambahkan, masyarakat cenderung memilih lokasi berwisata di Teluk Gelam, dan dijadikan sebagai tempat berekreasi bersama keluarga. Terkadang masyarakat menyebutnya sebagai wisata konferensi. Kebanyakan pengunjung objekwisata TelukGelam,kata dia, terlihat ramai saat akhir pekan (weekend).

Latar belakang pengunjungnya pun beragam, mulai kalangan PNS, pegawai BUMN, BUMD, hingga mahasiswa yang akan melakukan penelitian dan observasi.

”Biasanya pengunjung akan konferensi pada malam harinya. Aktivitas yang dilakukan pun bermacam-macam, seperti menggelar musik, diskusi,berkumpul di pelataran dan sebagainya,” katanya.

Pada 2008 ini, sambung Kamil, pihaknya akan mulai mengembangkan daerah objek wisata penunjang yang berada di sekitar kawasan Jalan Lintas Timur (Jalintim) dengan melakukan pembenahan sarana dan prasarana.

”Di daerah Jalintim kan adalah daerah tempat keramaian. Jadi, kita fokuskan ke arah itu, seperti di kawasan Pedamaran Timur,” katanya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menunjang keunggulan objek wisata Teluk Gelam.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Promosi pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab OKI Nurlina membenarkan jika setiap akhir pekan banyak masyarakat yang berkunjung ke Teluk Gelam menghabiskan waktu untuk melepaskan penat.

Menurut dia, pihaknya terus menyosialisasikan dan memamerkan objek wisata yang ada di Kab OKI, baik di Pulau Sumatera maupun Pulau Jawa. Selain itu, tidak pula mengesampingkan pembangunan sarana dan prasarana pendukung di dalam setiap objek wisata yang ada.

”Ini dilakukan agar objek wisata yang ada di Kab OKI dapat diketahui masyarakat luas hingga ke mancanegara. Dengan banyaknya pengunjung yang datang, akan mendatangkan pendapatan daerah dari retribusi karcis yang sangat dinanti-nantikan. (CR-05)

About the Author


Rajeel is the Web designer and also a blogger at Lab Of Web. He is a 15 yrs old teen guy who lives in Kerala, India, and have great interest in Computers and other Tech Stuff. That's why he loves to call himself as a TeeN GeeK. Follow Rajeel on Twitter for updates, design and web development.

Comments :

0 komentar to “ Danau Teluk Gelam sebagai Wisata Unggulan Kabupaten OKI ”

Posting Komentar